Rahma Tanjung

Guru di SMKN 1 Sitolu Ori, Nias Utara, Sumatera Utara....

Selengkapnya
Navigasi Web

Rendang Medan

Namanya randang Medan. Menu masakan dengan bahan utama ikan "budu" atau ikan teri dan kelapa. Ikan budu ini sejenis ikan cue, ikan kering yang direbus terus dijemur. Tetapi banyak durinya.

Entah mengapa disebut randang Medan. Padahal resepnya tidak menggunakan bumbu rendang, hanya kelapa giling.

Menu dengan resep ini adalah andalan Emak, dan kesukaan anak-anak Emak. Selain sebagai lauk utama, juga sebagai lauk pelengkap seperti ketika makan singkong dan talas rebus, atau lainnya. Wanginya menggugah selera makan, jadi tidak akan bosan memakannya.

Kalau menggunakan ikan budu atau cue, maka dibersihkan dulu dari durinya, terus dirobek-robek kecil. Lalu dicuci bersih. Kalau dengan ikan teri, maka ikan teri dibersihkan dengan membuang kepala ikan dan ingsang yang hitam tersebut. Cuci bersih, lalu gongseng atau disangrai. Bisa juga setelahnya ditumbuk kasar.

Giling cabai keriting merah sekitar sepuluh buah, bisa dicampur dengan rawit. Bawang merah lima siung di mana yang tiga siung digiling bersama kelapa dan dua siung lainnya diiris tipis, sesiung bawang putih dihaluskan, dan sebutir kelapa yang telah dihaluskan. Kepala ini sebaiknya pilih yang muda agar rasanya tidak terlalu kering. Sisakan segenggam untuk diperaskan santan sedikit. Sediakan juga daun kunyit, tetapi ini opisional. Dan yang terakhir minyak goreng.

Cara memasaknya, berdoa dulu dalam hati, niatkan agar masakan kita menjadi rahmat bagi tubuh yang menyantapnya dan mendapat ridha dari yang Maha Kuasa. Lalu panaskan minyak goreng secukupnya. Tumis irisan bawang merah dan putih, masukkan cabai halus, lalu masukkan ikan budu atau teri. Aduk rata. Masukkan kepala yang telah dihaluskan, tambahkan garam dan sedikit penyedap jika suka. Aduk. Masukan daun kunyit. Lalu tambahkan santan. Aduk perlahan hingga meresap. Sebaiknya jangan terlalu kering. Dan masakan pun jadi.

Jika masih bersisa, bisa dipanaskan sebentar. Dijamin tidak akan nasi atau bersisa, karena memang enak lauk rendang Medan ini.

Resep ini pernah diberikan Emak pada tukang sayur yang selalu membawa bekal makan siangnya. Alhamdulillah sekarang malah menjadi lauk favorit beliau sekeluarga.

Apa resep favoritmu sekeluarga?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Jadi ingin mencoba bu.

05 Apr
Balas

Monggo dicoba, Bu.

05 Apr



search

New Post