Rahma Tanjung

Guru di SMKN 1 Sitolu Ori, Nias Utara, Sumatera Utara....

Selengkapnya
Navigasi Web

Memberantas Serangga Nakal 2

Bagaimana dengan ramuan pemberantas serangga nakal yang pertama, sukses?

Perhatikan pada seminggu atau dua minggu setelah perlakuan. Jika belum menunjukkan tanda-tanda kesuksesan memberantasnya, yuk kita coba cara yang kedua. Yaitu dengan menggunakan garam. Kebetulan di rumah ada dua jenis garam yang dipakai, garam halus dan garam kasar. Untuk kali ini saya menggunakan garam kasar.

Sebelumnya, saya jelaskan dulu manfaat garam. Salah satunya pada tanaman yaitu dapat membantu menyuburkan tanah secara alami tanpa menggunakan bahan kimia. Karena menggunakan bahan kimia jangka panjang akan berpotensi merusak kesuburan tanah. Bisa memperkuat daya tahan tanaman karena memiliki kandungan senyawa ionik

Garam yang memiliki kandungan Sodium (Na+) dan Klor (Cl-), dapat memberikan unsur mikro yang bisa dimanfaatkan secara langsung oleh tanaman untuk menunjang pertumbuhan tanaman.

Sedangkan, NaCl sendiri dapat dimanfaatkan untuk mempersubur tanah dengan microorganisme yang dimiliki oleh garam. NaCl, selain bisa meningkatkan kesuburan tanah, juga dapat membantu untuk mempertahankan cadangan air tanah saat musim kemarau tiba.

Jadi, tanaman kita masih bisa bertahan lebih lama di saat musim kemarau. Pupuk ini juga dapat menyeimbangkan tanaman di musim hujan agar akar tidak busuk saat tergenang air berlebih.

***

Bagaimana membuat garam menjadi pestisida alami pengusir serangga dan hama pada tanaman?

Caranya yaitu larutkan 2 sendok makan garam dengan air hangat dalam jumlah besar. Biarkan dingin, kemudian gunakan untuk menyemprot tanaman.

Selamat mempraktekkan.

***

Sumber literatur : paktanidigital.com/artikel/2-cara-membuat-pupuk-tanaman-dari-garam

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post